Visi Misi Ferry 4KTIF +

VISI

Di akhir masa kepengurusan, saya membayangkan KOPPBN telah menjadi salah satu koperasi karyawan unggulan/terbaik di Jakarta dengan kinerja keuangan yang sehat yang ditandai dengan omzet dan SHU yang terus meningkat, serta memenuhi prinsip akuntabilitas dan transparansi. Manajemen pun solid, jujur, dan amanah, semua merasakan nikmatnya bekerja sebagai pengurus koperasi.

Pengelolaan koperasi saat itu juga telah menggunakan basis teknologi informasi yang adaptif memenuhi kebutuhan, mendekatkan hubungan, dan mempermudah pengawasan serta pengendalian. Setiap anggota saat itu memiliki kartu elektronik yang dapat digunakan untuk berbelanja secara cashless. Tiap anggota dapat mengakses aplikasi untuk mengetahui besar simpanan termasuk besar bagi hasilnya, dan terkait dengan pinjaman maupun pembiayaan yang dilakukan.

Layanan prima di berbagai lini diakui baik oleh anggota, pelanggan, maupun mitra kerjasama terwujud di masa tersebut. Saat itu telah muncul dan berkembang beragam inovasi layanan. Bahkan saat itu, belanja secara daring sudah bisa dilakukan. Kerjasama dengan market place maupun fintech telah menjadi bagiannya. Barang belanja diantara langsung ke ruangan, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh anggota maupun supplier.

Di akhir kepengurusan, lini usaha telah bertambah dengan memanfaatkan peluang bisnis seperti event organizer, kantin, maupun ekspedisi yang memang sudah menjadi bagian pendukung dari proses bisnis DJPb. Ekspansi bisnis retail telah mencapai instansi vertikal maupun instansi luar lingkup DJPb. Harapan besarnya adalah KOPPBN mau menelurkan koperasi primer baru di bawah bimbngan dan koordinasinya, sehingga di akhir kepengurusan, KOPPBN telah berstatus sebagai Koperasi Pusat.

Jika saya menjadi ketua KOPPBN, berkenaan dengan gambaran imajinatif tersebut, saya akan menuliskan dan menggaungkan sebuah kalimat visi:

Menjadikan KOPPBN sebagai koperasi yang amanah, kreatif, transformatif, inovatif, dan ekspansif untuk kesejahteraan bersama.

MISI

Jika saya menjadi ketua KOPPBN, untuk merealisasikan visi tersebut, disusunlah beberapa misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pengelolaan keuangan yang amanah, andal, akuntabel, transparan, dan tepat waktu.
  2. Menghadirkan profesionalitas dan layanan prima dalam setiap produk layanan.
  3. Mengembangkan sistem informasi yang adaptif, andal, dan modern.
  4. Mengembangkan produk layanan secara kreatif dan inovatif.
  5. Melakukan perluasan lini bisnis secara prudent, efisien, dan optimal.
  6. Mewujudkan manajemen SDM yang berkapasitas dan berkompeten.
  7. Mewujudkan citra koperasi yang unggul.
  8. Menghadirkan kesejahteraan bersama.